Dalam
bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi
pemasaran suatu produk. Tinggi rendahnya harga selalu menjadi perhatian utama
para konsumen saat mereka mencari suatu produk. Sehingga harga yang ditawarkan
menjadi bahan pertimbangan khusus, sebelum mereka memutuskan untuk membeli
barang maupun menggunakan suatu jasa.
Menurut
Tjiptono (2002) harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya termasuk
barang dan jasa lainnya yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau
penggunaan suatu barang atau jasa. Harga merupakan komponen yang berpengaruh
langsung terhadap laba perusahaan. Harga merupakan komponen penting atas suatu
produk, karena akan berpengaruh terhadap keuntungan produsen. Harga juga
menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli, sehingga perlu pertimbangan khusus
untuk menentukan harga tersebut.
Menurut
Machfoedz (2005: 136) penetapan harga dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik
faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal meliputi tujuan
pemasaran perusahaan, strategi bauran pemasaran, biaya, dan metode penetapan
harga. Faktor eksternal meliputi sifat pasar dan permintaan, persaingan, dan
elemen lingkungan yang lain.
Sumber:
1. Budi Wahyono, Februari 2013. Pengertian
Dasar Penetapan dan Tujuan. www.pendidikanekonomi.com
2. 11 Agustus 2010. Strategi Penetapan Harga.
Bisnisukm.com
No comments:
Post a Comment